10 Tips agar wifi tidak bisa di bobol hacker


10 Tips agar wifi tidak bisa di bobol hacker

10 Tips agar wifi tidak bisa di bobol hacker

Hallo selamat pagi sobat carahackwifi.net apakabar ? Sudah pada sahurkan ? Gimana puasanya masih lancar dan nggak ada yang bolongkan ? Pagi ini saya mau berbagi sedikit tips menarik ne untuk mengamankan wifi kamu dari serangan hacker atau para grentongers heheheh, Pasti banyak sekali yang ingin bertanya mengenai "Bagaimana cara agar wifi tidak bisa di bobol atau di hack oleh hacker ?"  Emang sih setiap keamanan pasti masih ada celah untuk bisa disusupi atau di bobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, tapi nggak ada salahnya buat kita mengantisipasi celah tersebut agar para hacker kesulitan untuk masuk ke sistem keamanan kita.

Baca juga : cara mudah mengamankan wifi dari hacker

Kalau kamu punya acces point sendiri dirumah dan tidak ingin ada yang menggunakan wifi kamu selain mereka yang telah di beri akses kamu bisa menerapkan beberapa langkah mudah ini untuk mengamankan wifi kamu, Sebenarnya dengan Menghiden SSID atau nama wifi kamu dari pencarian dan Menonaktifkan WPS pada acces point itu sudah membuat para hacker kesusahan untuk membobol password wifi kamu, Tapi kalau emang mau yang lebih ampuh dan tidak bisa dibobol dengan mudah kamu bisa mengikuti langkah dibawah ini.

Tips agar wifi tidak bisa di bobol atau di hack

#1.  Buatlah password wifi yang unik dan panjang.

Buatlah password wifi yang unik dan panjang
Dengan membuat password unik dan panjang sudah tentu akan membuat hacker menjadi lebih sulit untuk mengidentifikasi password wifi kamu, Jangan pernah menggunakan nama, tanggal lahir dan lainya karena itu pasti mudah sekali untuk di hack oleh tetangga kamu yang iseng hahahah, Dan pastikan sebelum kamu membuat password wifi yang unik dengan combinasi angka, karakter , etc . Kamu harus membackup nya dulu ini mengantisipasi jika kamu lupa password wifi sendiri.

#2. Filter Mac Address Pengguna WIFI kamu.

Filter Mac Address Pengguna WIFI kamu
Silahkan masuk ke router atau acces point kamu carilah settingan filter mac address , lihat dulu mac address yang kamu kenali lalu catat, setelah itu sering sering memantau apakah ada mac address yang tidak di undang ? atau yang tidak dikenali jika ada silahkan deh kamu block atau filter dia agar tidak bisa mengakses WIFI kamu lagi.

Cara untuk melihat mac addres :
Untuk pengguna PC silahkan ketik Win + R atau buka CMD lalu ketikan : ipconfig/all
Untuk pengguna Smartphone silahkan lihat di bagian Setting .


#3. Pilih Security Encryption WIFI WPA / WPA2 Personal.

Pilih Security Encryption WIFI WPA / WPA2 Personal
Jangan pernah menggunakan Security Encryotion Versi WEP karena hacker akan dengan mudah membobol wifi kamu, Gunakanlah WPA / WPA2 Personal karena jenis keamanan ini hanya mendukung pada hardware keluaran terbaru tepatnya yang di buat pada tahun 2006 keatas, Dan untuk passwordnya sudah mendukung semua karakter jadi bisa menggunakan password yang rumit untuk diretas oleh hacker.


#4. Setting Frequensi WIFI.

Setting Frequensi WIFI

Jika kamu tinggal di sebuah rumah kecil atau di apartemen maka kamu dapat mengurangi jangkauan router untuk mencegah akses yang tidak sah. kamu dapat mengurangi rentang router kamu dengan mengubah mode dari router ke 802.11g bukan 802.11n atau 802.11b. Tips ampuh lainnya coba untuk menempatkan router di dalam laci atau kotak untuk mengurangi jangkauan dari para hacker yang kurang kerjaan.

#5. Selalu update OS Router atau firmware.

Selalu update OS Router atau firmware
Setiap router pasti ada menu untuk mengupdate Firmware nya , Jadi seringlah untuk mengecek ketersediaan firmware terbaru dari router kamu, Karena pasti akan ada perubahan dari sistem keamanan dalam setiap update firmmware tersebut.

#6. Aktifkan Router Firewall.

Aktifkan Router Firewall
Sebagian besar pengguna menggunakan Windows Firewall pada PC mereka untuk melindungi mereka dari akses yang tidak sah melalui jaringan. Tapi dengan perangkat mobile di jaringan WIFI, itu menjadi lebih penting untuk memiliki lapisan perlindungan. Oleh karena itu, Kamu harus mengaktifkan Firewall di router yang kamu punya. Sebagian besar router berkualitas baik pasti memiliki pengaturan Firewall. Jika router kamu tidak memiliki Pengaturan Firewall , Kamu juga dapat men-download berbagai Software pihak ke-3 yang menyediakan fitur firewall untuk jaringan wifi kamu.

#7. Merubah SSID atau nama WIFI secara Berkala.

Merubah SSID atau nama WIFI secara Berkala
Jangan pernah menggunakan nama WIFI atau SSID bawaan default router ya sobat karena itu bisa menjadi informasi berharga bagi para hacker dengan mengetahui router apa yang kamu gunakan jadi lakukan lah penggantian SSID kamu secara berkala.

#8. Matikan Fitur Network Guest Pada Router.

Matikan Fitur Network Guest Pada Router
Silahkan matikan fitur network guest pada router yang kamu gunakan, Jika pengaturan ini tidak ada pada router kamu tidak usah dicari ya.

#9. Nonaktifkan Fitur WPS pada router.

Nonaktifkan Fitur WPS pada router
Nah ini ne yang perlu kamu lakukan, Karena dengan mengaktifkan WPS berarti kamu memperbolehkan akses WIFI kamu tanpa harus memasukan password atau hanya dengan memasukan kode WPS mereka bisa akses internet di WIFI kamu, Jadi silahkan deh matikan WPS pada router kamu, Karena Tools untuk Hack Wifi di android itu biasanya mengincar celah WPS ini sob, Nama tools nya WPS Tester dan lainya.

#10. Menyembunyikan SSID atau Hide Nama WIFI.

Menyembunyikan SSID atau Hide Nama WIFI
Ini termasuk trik jitu sob, Kerena dengan begini bagi hacker kacangan pasti kesulitan untuk menemukan WIFI kamu apa lagi buat mereka yang gaptek sudah dipastikan deh pasti dikiran nya WIFI kamu rusak karena nggak kedeteksi ama smartphone atau PC mereka hehehhe, kamu bisa lihat tutorialnya di artikel ini : cara mudah menyembunyikan nama wifi atau ssid

Oke sobat cukup sekian dulu ya informasi mengenai "bagaimana cara melindungi wifi dari serangan hacker" sampai ketemu di artikel menarik lainya yang membahas seputar WIFI dan internet.